Testimoni Seminar Nasional ABP PTSI Pusat – Universitas Atmajaya Jakarta

Rm. Vincentius Kaya Watun OMI
Sekretaris Yayasan Pembina Pendidikan Kemaritiman (YPPK) – Cilacap

Bangsa Indonesia ke depan menjadi bangsa yang besar dan disegani dunia kalau Sumber Daya Manusia dididik dan dibentuk dengan baik. Peranan perguruan tinggi swasta sangat penting dalam membangun kepribadian bangsa Indonesia yang utuh dan khas Indonesia yakni ‘Pancasilais’. Dari sejarah bangsa ini, sumbangan swasta dalam membangun pendidikan di Indonesia sangat besar. Baik itu dalam bentuk materi maupun moril dalam bentuk kuantitas dan kualitas SDM yang dihasilkan.

ABP PTSI merupakan wadah menyatukan semangat kesatuan untuk melanjutkan perjuangan menegakkan dan mengembangkan pendidikan yang berkualitas khas Indonesia dalam era industry 4.0 . Patutlah disyukuri bahwa wadah ini sangat strategis untuk mendampingi Pemerintah dalam mengembangkan pendidikan tinggi Indonesia. Para perintis seperti Prof. Dr. Thomas Suyatno dan kawan-kawan, dengan semangat juang yang tinggi telah meletakkan dasar yang baik dan kokoh bagi wadah ABP PTSI, untuk memayungi, menyatukan, dan mendampingi semua penyelenggara
pendidikan tinggi swasta di Indonesia. Dengan wadah ini kehadiran perguruan tinggi swasta dan sumbangannya menjadi modal yang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata oleh siapa pun. ABP PTSI telah berjuang membantu pemerintah mengoreksi berbagai peraturan agar tidak diskriminatif antara Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Karena semuanya berjuang di ranah yang sama, yakni mencerdaskan masyarakat bangsa Indonesia. Perjuangan ini patutlah diteruskan oleh setiap penyelenggara perguruan tinggi swasta dalam semangat kebersamaan di dalam ABP PTSI. Prinsipnya bukan siapakah yang terbesar dalam ABP PTSI, tetapi siapa yang dapat menyumbangkan kebaikan terbaik bagi bangsa Indonesia?

Geliat ABP PTSI sangat terasa dengan adanya Seminar Nasional yang diadakan pada 21 November 2018, dengan judul: “TATA KELOLA YANG SEHAT & DINAMIS DAN STRATEGI PENGEMBANGAN DANA YAYASAN”. ABP PTSI tidak hanya mendorong secara lisan agar bagaimana Perguruan Tinggi Swasta memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia dalam hal kualitas kelulusannya. ABP PTSI mendampingi secara nyata dan kongkrit bagaimana swasta mengelola pendidikan secara profesional, transparan dan akuntabel. Materi seminar sangat relevan. Antusias para penyelenggara pendidikan swasta dari seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua hadir mengikuti seminar ini dengan penuh semangat. Ini mengindikasikan bahwa NKRI menjadi hidup karena dihidupi oleh kita semua dalam semangat kebersamaan dan persatuan. Bagi kami, seminar ini tidak hanya sekedar pertemuan biasa, namun lebih dari itu menyadarkan para hadirin bahwa kerjasama, kebersamaan, saling bahu membahu memperbaiki mutu pendidikan sangat penting. Roh ini sudah dinyalakan oleh ABP PTSI. Tugas selanjutnya terletak dalam tangan semua badan penyelenggara perguruan tinggi swasta di Indonesia untuk menjaga kebersamaan dan kesatuan dengan ABP PTSI. ABP PTSI menjadi motor yang menggerakkan para penyelenggara perguruan tinggi swasta untuk memberikan lulusan terbaiknya bagi bangsa ini melalui pengelolaan lembaga yang profesional.
Seminar ini juga menunjukkan nilai plus dari ‘misi perjuangan’ memperbaiki kualitas Perguruan Tinggi swasta, yakni Perguruan Tinggi yang kuat dan terdepan dalam era global ini. Melalui wadah ABP PTSI para pakar dari perguruan tinggi swasta dari perguruan tinggi besar dapat berbagi ilmu dan pengalaman mereka kepada perguruan tinggi swasta yang masih kecil dan jauh di daerah pelosok Nusantara untuk bergerak maju bersama membangun pendidikan yang bermutu. Saat ini bukan lagi zaman persaingan, melainkan zamannya berkolaborasi. Dengan demikian nilai Bhineka Tunggal Ika, nyata dihidupkan oleh dunia pendidikan Indonesia. NKRI semakin kokoh dengan adanya kerjasama semua Badan Penyenggera Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia.
Ditunggu program-program lain dari ABP PTSI untuk mendampingi para anggotanya, agar dapat menciptakan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa ini untuk mencerdaskan bangsa ini tahap demi tahap akan terpenuhi dan terus berlanjut.
Demikianlah semangat kebersamaan yang kami alami dalam seminar yang diselenggarakan oleh ABP PTSI – PUSAT. Profisiat buat ABPPTSI Pusat dan selamat bergabung buat rekan-rekan Penyelenggara Pendidikan Tinggi di Indonesia. Semoga Tuhan Yang Maha Esa tetap menyertai perjuangan kita semua. Amin.***


Last update :  December 13, 2018